Senin, 23 Februari 2015

KERUSAKAN OZON


OZON... APAKAH O ITUU


Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom Oksigen. Lapisan ozon suatu
lapisan yang terletak di lapisan stratosfir, 20 – 45 km di atas permukaan bumi, yang terdiri dari molekul-molekul ozon. Lapisan ini dapat menyerap radiasi ultra violet yang dipancarkan matahari. Pada lapisan ini ozon terbentuk dan terurai melalui keseimbangan dinamis. Keberadaan bahan-bahan kimia tertentu di stratosfir dapat mengganggu kesetimbangan reaksi tersebut, sehingga semakin lama molekul ozon semakin berkurang, dan menimbulkan lubang ozon.


Penipisan lapisan ozon dimulai saat CFC dan Bahan-bahan Perusak Ozon (BPO) diemisikan ke atomosfer. Angin medistribusikan gas BPO di troposfer. CFC merupakan senyawa yang sangat stabil dan tidak akan terlarut dalam air hujan. Setelah periode beberapa tahun, BPO akan mencapai stratosfer yang terletak kira-kira 10 kilometer dari permukaan Bumi.

Sinar UV yang kuat dapat memecah molekul BPO. BPO melepaskan atom klorin atau atom bromin. Atom inilah yang sebenarnya merusak ozon, bukan molekul BPO. Diestimasikan bahwa atom klorin dapat memecah 100.000 molekul ozon sebelum tersisih dari stratosfer. Proses kerusakan lapisan ozon dapat dilihat pada Gambar 1 dibawah ini.

                                        Gambar 1. Proses Kerusakan Lapisan ozon

                                                                  Sumber: www.environmedia.com

Penipisan lapisan ozon menimbulkan banyak ancaman terhadap kesehatan manusia dan kehidupan di bumi. Semakin menipisnya lapisan ozon stratosfer akan meningkatkan bahaya akibat radiasi ultraviolet yang mencapai permukaan bumi. Radiasi ultraviolet menimbulkan dampak pada manusia, hewan, tanaman dan bahan-bahan bangunan. Dampak ini akan semakin buruk bila kerusakan lapisan ozon terus berlangsung. Bila lapisan ozon menjadi tipis, permukaan bumi akan lebih terbuka terhadap radiasi UV-B yang mempunyai gelombang pendek sehingga akan merusak kehidupan. Untuk tiap 10 persen penipisan lapisan ozon akan terjadi kenaikkan radiasi UV sebesar 20 persen. Radiasi UV-B dapat menyebabkan kerusakan pada mata, meluasnya penyakit infeksi serta pertambahan kasus kanker kulit dan gangguan pernafasan.

Penipisan lapisan ozon menyebabkan banyak tanaman menjadi lambat pertumbuhannya dan sebagian mungkin akan menjadi kerdil, hasil sejumlah tanaman budidaya akan menurun dan hutan-hutan akan menjadi rusak. Di laut radiasi dengan intensitas tinggi akan merusak atau membunuh anak ikan, kepiting dan udang. Populasi plankton yang menjadi dasar dari jaringan makanan hewan laut dapat mengalami dampak buruk, sehingga menyebabkan pengaruh berantai untuk seluruh jaringan makanan hewan laut. Radiasi UV akan menurunkan kemampuan sejumlah organisme dalam menyerap karbon dioksida yang merupakan salah satu gas rumah kaca, sehingga konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer akan meningkat yang menyebabkan pemanasan global.


Sehubungan dengan pengendalian kerusakan ozon, Pemerintah Indonesia pasti
telah menetapkan berbagai kebijakan terkait dengan langkah-langkah yang harus ditempuh seperti kebijakan pengurangan pemakaian BPO terutama CFC sampai penghentian impor BPO pada akhir 2007 lalu. Namun demikian, kebijakan itu tidak akan efektif jika tidak diikuti kegiatan penyebarluasan permasalahan ozon ini kepada seluruh tingkatan pada masyarakat. Kota-desa, keluarga, guru-murid, kelompok pekerja formal-non formal, teknisi lemari es dan AC, petani, nelayan, dan lainnya, kalau bisa semua mendapatkan pengenalan pentingnya ozon dan bahayanya jika lapisan ozon ini rusak.

Beberapa kegiatan ramah ozon (ozone friendly) harus digalakkan dan disosialisasikan untuk mengubah secara bertahap perilaku manusianya. Upaya ini harus selalu menerapkan prinsip 4R (reduce, reuse, recycle, replace/replant). Kurangi pemakaian barang-barang yang memiliki bahan BPO. Di rumah dan perkantoran, minimalkan jumlah Air Conditioner yang digunakan. Perlukah semua ruangan kantor memiliki ada AC, bahkan sering dijumpai jumlahnya lebih dari satu? Atau perlukah setiap kamar tidur dipasang AC hanya karena kita punya uang dan mampu membelinya? Pemborosan yang tidak perlu, disamping kita harus menghemat energi.


YUKKK MARI BERSAMA KITA JAGA BUMI KITA TERCINTA 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar